Penyebab otak kalian mudah lupa dan sulit mengingat

Apakah kalian pernah lupa seketika dengan nama seseorang yang baru kalian kenal? dan atau pernahkah kalian kelupaan letakkan kunci sepeda motor? Bila iya, kalian pastinya akan kesel serta heran mengapa kalian bisa sangat mudah lupa. Akan tetapi kalian tenang saja, kalian tidak akan sendirian, sebab setiap orang umumnya tidak sempurna. Setiap seseorang pastinya pernah mengalami kelupaan.

Sebenarnya merupakan hal yang telah wajar bila kalian lupa dengan nama ataupun sesuatu yang baru saja kalian pelajari. Hal ini bisa terjadi sebab informasi yang baru kalian pelajari masih belum sampai ke ingatan kalian. ataupun kalian memang masih sedang tidak berfokus pada mengingat hal-hal yang baru kalian pelajari.

Walaupun kapasitas penyimpanan otak kalian sangat besar, akan tetapi otak akan tetap butuhkan ruang yang baru dalam menyimpan hal yang penting? dengan begitu otak akan menghapuskan informasi atau hal yang dianggap kurang spesifik, jarang diingat kembali, dan kurang penting. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa pengaruhi kemampuan otak kalian dalam mengingat:

1. Sedang stres dan depresi

Selain bisa mengganggu aktivitas keseharian kalian, stres dan depresi bisa mengganggu kemampuan mengingat dan konsentrasi. Ketika kalian sedang stres dan depresi, pastinya pikiran kalian akan alami overstimulasi ataupun terganggu, dengan begitu akan bisa membuat kemampuan pengingat otak kalian akan menjadi menurun. Hingga stres bisa timbulkan trauma emosional yang bisa mengarah ke kehilangan ingatan.

2. Kurang tidur

Dari sebuah studi yang telah dilakukan di Universitas California telah menggungkapkan bahwa adanya hubungan tidur dengan kemampuan ingat pada otak. Ketika kalian tidur, gelombang otak yang diproduksi agar bisa menyimpan memori. Gelombang itu akan dikirim hippocampus ke bagian prefrontal korteks, adalah tempat untuk menyimpan memori dalam simpanan jangan panjang. Dengan begitu, bila kalian kurang tidur, memori otak tidak akan bisa sampai ke bagian prefontal korteks. Sehingga akan bisa membuat kalian menjadi lebih mudah untuk lupa untuk mengingat seseuatu, seperti halnya nama orang.

3. Terlalu banyak konsumsi lemak jenuh

Tanpa kita sadari bahwa pola makan juga bisa berpengaruh pada otak kalian untuk mengingat sesuatu. Bahkan bila tekanan darah terlalu tinggi, glukosa, serta kolestrol, dimanan pembuluh darah yang terdapat disekitar otak kalian akan menjadi rentan alami kerusakan.