Makna Dari Apa Yang Diberikan Oleh Tangan Kanan Jangan Diketahui Oleh Tangan Kiri

Makna Dari Apa Yang Diberikan Oleh Tangan Kanan Jangan Diketahui Oleh Tangan Kiri

Mungkin anda sering mendengar ungkapan apa yang diberikan oleh tangan kanan, jangan sampai diketahui oleh tangan kiri. Dan umpama ini sudah sering dikatakan dan sering ada dimana-mana. Maksud dari ungkapan itu adalah, saat anda berbuat baik, tidak harus diketahui oleh orang lain. Jadi untuk berbuat buat baik, berbuat lah setulus anda. Tanpa harus ada perasaan orang-orang harus tahu anda berbuat baik.

Apa Makna Dari Apa Yang Diberikan Oleh Tangan Kanan Jangan Diketahui Oleh Tangan Kiri

Karena di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang salah mengartikan ungkapan itu. Ada yang berbuat baik, tapi kamera dimana-mana, ada yang berbuat baik, dan mengumumkan dia berbuat baik. Dengan harapan mendapatkan pengakuan dari orang bahwa dia berbuat baik, atau untuk mendapatkan perhatian orang lain. Dan itu yang salah. Jika kita berbuat baik, lakukanlah secara tulus, secara ikhlas, tanpa ada harapan untuk ada pengakuan atas itu.

Untuk apa berbuat baik, jika pada akhirnya anda hanya ingin dianggap baik oleh orang. Esensi dan maksud dari berbuat baik tidak setumpul itu. Jika anda memiliki pemikiran seperti itu, maka anda harus belajar lagi. Baik itu memang relative. Baik itu banyak artinya, dan banyak cara untuk berbuat baik. Dan banyak orang masih memiliki pengetahuan sedikit soal kebaikan. Sehingga jika anda ingin berbuat baik, ikut insting anda. Jangan ikut standar baik orang lain. Selama anda melakukannya dengan tulus, tanpa ada perasaan harap kembali, tanpa ada perasaan akan dipuji atau diakui, atau harapan ucapan terima kasih. Itulah hal baik.

Saat anda melakukan hal baik, pastikan anda melakukannya karena pilihan anda, bukan karena untuk membuktikan sesuatu, atau untuk menunjukkan sesuatu pembuktian dan hal lainnya. Berbuat baik karena anda ingin dan anda mau. Itu, dan tanpa ada maksud apa-apa. Anda harus biasakan dengan itu. Pun kalau anda mendapatkan balasan yang baik, mendapatkan karma baik, ya itu adalah bonus, bersyukur akan itu. Tapi bukan itu fokus anda. Anggap itu hadiah yang tersesat dan nyasar pada anda.