Kekhawatiran Yang Banyak Dirasakan Oleh Para Orang Tua Baru

Kekhawatiran Yang Banyak Dirasakan Oleh Para Orang Tua Baru

Saat pertama kali jadi orang tua pasti ada banyak rasa kekhawatiran dalam diri. Ada yang takut menjadi orang tua yang gagal. Atau takut tidak bisa memberikan yang terbaik untuk anak. Tidak bisa menjadi orang tua yang baik yang diharapkan oleh anak-anak umumnya. Takut gagal dalam perkawinan. Takut tidak mampu menafkahi atau membesarkan anak dengan semestinya. Dan itu wajar dan semua akan merasakan itu.

Kekhawatiran Yang Banyak Dirasakan Oleh Para Orang Tua Baru

Menjadi orang tua adalah perasaan yang membahagiakan, dan ada perasaan yang luar biasa. Apalagi hari pertama menjadi orang tua. Ada perasaan tidak sangka, wah sekarang sudah menjadi orang tua. Sekarang sudah ada keluarga kecil yang harus kita jaga. Harus semakin serius lagi dalam mencintai dan mengurus keluarga. Akan ada banyak perasaan-perasaan yang tidak tergambarkan atau di ucapkan dengan kata-kata.

Dan wajar saja kalau di antara kalian akan merasakan banyak kekhawatiran. Karena kalian baru pertama kali menjalani peran sebagai orang tua. Sehingga takut akan membuat kesalahan. Tapi anda jangan takut untuk itu. Jangan takut untuk menjadi orang tua. Jangan takut untuk melakukan kesalahan. Karena semua orang tidak akan lepas dari kesalahan. Dan kesalahan adalah hal yang wajar. Dan dari kealahan itu orang akan belajar menjadi pribadi yang semakin baik dan dewasa.

Dari kesalahan itu anda belajara untuk oh ternyata tidak boleh seperti ini, harus seperti ini. Sehingga anda akan semakin berhati-hati, dan semakin berpikir dua kali dalam bertindak. Dan kesalahan membuktikan anda ada berusaha, anda ada mencoba. Dan itu baik. Dan begitupun dengan anak, saat anak anda melakukan kesalahan, janganlah anda marah dan memukulnya. Karena mereka tidak tahu apa yang dilakukannya. Dan itu juga kali pertama mereka jadi anak-anak. Jadi tidak tahu mana yang boleh dan tidak. Mana yang baik dan buruk. Sehingga yang dibutuhkan adalah arahan. Sehingga saat anak anda melakukan kesalahan, janganlah, memarahinya. Tariklah napas yang dalam. Dan terima itu.