Tips untuk mengatur kebiasaan makan yang sehat dalam mencegah obesitas

Obesitas bisa menyerang siapapun baik anak kecil atau pun orang dewasa. Kondisi kelebihan pada berat badan tersebut diketahui bisa tingkatkan berbagai macam risiko penyakit yang kronis dapat membahayakan jiwa. Agar bisa hindari obesitas serta turunkan risiko penyakit yang kronis, kebiasaan pola makan kalian perlu diperbaiki. Nah, apa saja yang dapat menjadi kebiasaan makan yang perlu kalia atur kembali agar bisa mencegah terjadinya obesitas? berikut ini ulasannya.

Kegemukan (obesitas) disebabkan karena kombinasi genetik, gaya hidup yang malas gerak atau mager, serta kebiasaan makan yang tidak baik. Dari ketiga faktor itu, cukup banyak orang cenderung mempunyai kebiasaan makan yang tidak menyehatkan.

Sebagian banyak orang tidak mengetahui bahwa kebiasaan makan yang mereka jalankan setiap hari ternyata tidak menyehatkan. Sebagiannya lagi ada yang tahu kebiasaan makan mereka tidak sehat, namum tidak dipikiri. Sebenarnya, kebiasaan makan sangat berkaitan dengan berat badan seseorang.

Bila kebiasaan makan yang tidak baik tidak dihilangkan, maka berat badan kalian akan sulit untuk diatasi, sindrom metabolik, penyakit jantung, obesitas yang menyerang, serta dapat munculnya penyakit diabetes. Kalian pastikan tidak ingin komplikasi obesitas tersebut terjadi. Dengan begitu kalian perlu untuk mengatut kembali kebiasaan makan yang lebih sehat agar bisa mencegah obesitas dan kegemukan. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar bisa mencegah obesitas:

1. Makan dengan pelan sambil fokus

Kebiasaan makan yang baik agar bisa mencegah terjadinya kegemukan juga termasuk bagaimana cara kalian konsumsi makanan tersebut. Agar bisa lebih nikmat, kalian pastikan harus lebih fokus pada makanan yang telah disajikan serta makan dengan suasana yang tenang.

Sehingga kalian dapat mengunyah makanan dengan baik dan mengetahui kapan waktunya kalian untuk berhenti makan. Cobalah untuk menghindari semua kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi ketika makan seperti mengobrol, melihat media sosial, atau menonton televisi.

2. Jangan langsung tidur setelah makan

Tidur sehabis makan bukan hanya dapat timbulkan masalah pada pencernaan, namun bisa sebabkan kenaikan pada berat badan. Ini dapat terjadi dikarenakan kalori tidak tergunakan dengan maksimal serta terbentuknya lemak pada tubuh. Sehabis makan, setidaknya melakukan aktivitas selain tidur sekitar 3 jam.